DERLY PANGKEY

Senin, 22 Juli 2013

SAUNG ANGKLUNG MANG UDJO



SAUNG ANGKLUNG UDJO 

Sebelum pergi kita searching dulu di internet di mana alamat saung angklung Udjo itu. Setelah dapet alamat jelasnya yang di Jalan Padasuka No.118 Bandung, akhirnya kita langsung pergi ke sana lewat pasar Kosambi. Jalanan macet banget, dari rumah kita pergi jam 15.00 sampe di sana jam 16.00. acara sudah mulai dari jam 15.30. aunty Debbie beli tiket untuk 3 orang dengan harga Rp 60.000,- per orang katanya sudah naik per tanggal 1 maret 2012 dari harga Rp 50.000,-. Kita cari tempat duduk yang kosong. Di sebelah kanan dalam, kita nemuin tempat yang kosong. Setelah duduk manis, kita nonton anak-anak yang sedang main angklung, sambil menyanyi-nyanyi. Ada pertunjukan tari merak, silat anak-anak dan permainan arumba. Seru juga nontonnya.

Sedang kita asyik nonton, anak-anak dari saung udjo keluar membawa angklung. Mereka membagikan angklung itu seorang satu kepada setiap pengunjung. Aku dapat nada C atau angklung dengan tulisan Sumatera, Opa dapet nada D dengan tulisan Kalimantan, Aunty Debbie dapet nada E dengan tulisan Jawa, Uel anakku yang berumur 5 tahun dapet nada B dengan tulisan Nusatenggara.

Mang Udjo dan anaknya memberikan instruksi agar kita memperhatikan gerakan tangan mereka. Masing-masing pulau ada gerakan khasnya dan kita harus membunyikan angklung tersebut. Kita semua mengikuti dengan seksama. Semua peserta konsentrasi, termasuk Uel sangat serius memegang angklungnya. Setelah instruksi diberikan dengan jelas, akhirnya mang Udjo menunjuk 2 anaknya untuk memberikan gerakan yang harus diikuti oleh para pengunjung. Mulai dari tes suara angklung dulu, agak lambat, aga cepat dan mulai cepat. Wah semua peserta mulai lancar memainkan angklung mengikuti aba-aba dari anaknya mang Udjo.

Setelah semua lancar, akhirnya kami dipandu untuk mengikuti gerakan tangan anak-anak tersebut, dan terciptalah lagu yang dinyanyikan the beatles. Kami kagum sendiri mendengar lantunan angklung yang tercipta. Setelah selesai satu lagu, kami semuanya bertepuk tangan. Sangat senang, antusias, bangga, semua rasa bercampur aduk. Para pengunjung termasuk kami memainkan beberapa lagu. Hanya kira-kira 5 menit kami belajar tapi kita sudah bisa memainkan beberapa lagu dengan harmonis. Wah. . . .  menakjubkan sekali. Semua senang, semua peserta puas, semua peserta kagum. 

Tiba-tiba anak-anak keluar untuk mengumpulkan angklung-angklung dari tangan para pengunjung. Kami aga kecewa, ingin terus bermain.. . . tapi waktunya sudah habis untuk memainkan angklung tersebut.

Acara belum selesai, kami mendengar mang Udjo memberikan informasi tentang angklung. Perkumpulan itu pada saat ini terdiri dari 500 anak yang berlatih angklung. Dan mereka suka keluar negeri untuk pentas. Wuiihhhh kagum deh. Rupanya saung angklung mang Udjo ini adalah tempat terbesar sedunia yang memproduksi angklung, dan Mang Udjo masuk dalam  guines book of record dalam memimpin orang terbanyak bermain angklung. . . . . wihwihwihwih. . . .hebat juga tuh mang Udjo.

Menurut keterangan Mang Udjo, orang normal memegang angklung untuk dimainkan biasanya sebanyak 5 nada, paling top 6 nada. Tapi anak didik mang Udjo yang sudah senior, memegang 10 nada di alat music angklung. Lalu mereka memainkan konser lagunya. Dari lagu yang biasa, sampai lagu yang tersulitnya Fredy Mercury yang ada kata-kata  mama mia, mama mia) Mama Mia, let me go. . . .  wah pokoknya aku tau nadanya tapi ga tau judulnya.  Waduh bener-bener hebat mereka. Mata para pengunjung pada melotot, telinga kami pada dibuka lebar semua pada terkagum-kagum. Memang ruarrrrr biasa.

Setelah selesai pertunjukan, kami semua tarik napas puas, rasanya ingin terus di sana mendengarkan mereka bermain.  Ga rugi bayar mahal, tapi sangat memuaskan suguhan mereka. Okey banget. Acara selesai sekitar jam 17.30 sore. 

Kita naik mobil dan berjalan pulang sambil ngobrol ngebahas pertunjukan yang baru kita liat, terkagum-kagum, dan ingin datang lagi untuk liat. Kalau nanti kita ke situ lagi, kita ingin bawa mami untuk menikmati pertunjukan itu bersama.  Ga habis-habisnya kekaguman kami.  Terima kasih aunty Debbie udah ajak jalan-jalan kita ke Saung Udjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar